Minggu, 01 Januari 2012

SEJARAH



Sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu syajarotun, yang  memiliki arti pohon kayu. Pohon kayu disini adalah adanya sutu kejadian, perkembangan, atau pertumbuhan tentang suatu hal (peristiwa) dalam suatu kesinambungan(kontinuitas) atau bisa juga diartikan seperti akar pohon yang terus berkembang dari tingkat sederhana ke tingkat yang kompleks.
            Definisi Sejarah adalah rekontruksi masa lalu. Ada definisi sejarah yang tautologis yang mengatakan bahwa sejarah ialah apa yang dikatakan sejarawan. Tautologi ini menegaskan bahwa sejarawan mempunyai kebebasan dalam rekontruksifinisi
Sejarah adalah gambar tentang peristiwa-peristiwa masa lampau yang dialami oleh manusia, disusun secara ilmiah, meliputi ukuran waktu, diberi tafsiran dan analisa kritis, sehingga mudah dimengerti dan dipahami.
Sejarah memiliki kegunaan diantaranya adalah Guna Edukatif (memberi pendidikan), guna instruktif (memberi pengajaran), guna inspiratif (memberi inspirasi), dan guna Rekreatif (memberi kesenangan). Sejarah bisa didapatkan dari informasi-informasi berupa sumber lisan, sumber tulisan, sumber visual, sumber primer dan sumber sekunder. Dalam penelitiannya sejarah juga dibantu oleh ilmu-ilmu bantu sejarah seperti  etnografi, statistik, bahasa, filologi, genealogi, ilmu keramik, numismatik, ikonografi, epigrafi, paleografi, paleoangrafi, arkeologi dan paleontologi.
Semua peristiwa-peristiwa masa lampau yang terjadi dan dapat dibuktikan
kebenarannya. Peristiwa-peristiwa masa lampau menunjukkan proses perjuangan manusia untuk mencapai peri kehidupan kemanusiaan yang lebih sempurna dan sebagai ilmu yang berusaha mewariskan pengetahuan tentang masa lalu suatu masyarakat tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar